Di Singapura, konsumen menghabiskan uang hingga S$1,4 miliar atau meningkat 33% dari tahun sebelumnya. Data ini mengacu pada perusahaan pembayaran daring PayPal dan perusahaan riset Nielsen.
Sebagai contoh: toko daring terbesar di Chinam Taobao melaporkan rekor pembelian dalam satu hari sebesar 19 miliar yuan (S$3,7 miliar) pada 11 November lalu, saat negara itu merayakan Hari Bujangan. Eksekutif bank Guan Xin adalah salah satu dari 200 juta orang di China - yang terkait satu sama lain - merayakan hari itu dengan membeli alat terapi virtual.
Dia menghabiskan 3.000 yuan untuk sepasang sepatu jogging, MP4 player, charger telepon genggam bahkan alat pembersih lantai, karena harga barang-barang ini memang sudah didiskon besar-besaran.
"Lebih cepat membeli lewat daring. Saya semakin tahu apa yang saya dibutuhkan," ujar perempuan berusia 27 tahun itu.
Guan adalah salah satu dari tipikal konsumen toko daring berdasarkan catatan analis. Berumur antara akhir remaja hingga 30 an tahun, sangat doyan belanja, paham teknologi dan bergairah dalam mencari harga termurah hanya dengan beberapa kali klik di komputer. Produk yang bisa mereka beli adalah baju dan aksesori favorit, piranti elektronik, tiket pesawat serta kebutuhan sehari-hari dan makanan.
Selanjutnya
0 comments
silahkan tuliskan komentar anda